Ciri khas utama Kurikulum 2016 ini adalah pembelajaran yang berbasis Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dalam kurikulum berbasis KKNI maka penilaian tingkat dalam dunia kerja tidak hanya berdasarkan pada pendidikan formal, namun pendidikan non formal juga dapat diakui berdasarkan tingkat keahlian seseorang. Titik awal kurikulum dimulai dengan merumuskan pencapaian yang harus diraih lulusan atau yang lebih dikenal dengan profil lulusan. Profil lulusan ini kemudian menetapkan lebih detail dalam capaian lulusan pendidikan (CPL). Untuk itu setiap mata kuliah yang diberikan harus mendukung tercapainya CPL ini. Setiap matakuliah memiliki CPMK (capaian pembelajaran mata kuliah) yang berkorelasi dengan CPL.
Tujuan utama Kurikulum berbasisi KKNI selaras dengan tujuan dari Prodi S1 Teknik Elektro, yaitu menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang teknik elektro, mentransfer pengetahuan (transfer of knowledge) pada mahasiswa, menghasilkan inovasi bidang ilmu teknik elektro, dan menghasilkan teknologi baru yang memberi solusi bagi permasalahan yang ada guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk meraih keunggulan dalam pengabdian pada masyarakat. Dalam beratnya CPL dalam kurikulum KKNI ini telah mempertimbangkan direview dari FORTEI. Kompetensi utama yang dicapai dari penguasaan mata kuliah dasar, praktek laboratorium maupun lapangan, penelitian, dan mata kuliah penguasaan konsep masing-masing Bidang Peminatan. Program studi harus menyelenggarakan seluruh komponen terkait kompetensi utama.